Home » » Pantai Klayar, Surga Tersembunyi di Pacitan Jawa Timur

Pantai Klayar, Surga Tersembunyi di Pacitan Jawa Timur

Jawa Timur memang kota yang menawarkan sejuta keindahan alam yang sangat mempesona dan menarik, salah satunya di Pacitan terdapat sebuah pantai yang sangat indah bagai surga. Pantai itu adalah Panti Klayar, Yuk kita Telusuri keindahan Pantai Klayar di Pacitan.

Pantai Klayar


Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan mempunyai sejumlah keindahan yang unik dan mempesona. Dimana hamparan pasir putih yang luas, sangat cocok untuk duduk santai dan bermain. Apalagi dengan ditambah karang raksasa laksana patung Sphinx di Mesir, karena memang bentuknya mirip dengan patung Sphinx.

Di Pantai Klayar Pacitan juga terdapat bebatuan karang dengan bentuk unik dan menarik. Tak ketinggalan juga terdapat air mancur alami yang memiliki ketinggian hingga 10 meter, keindahan ini diciptakan oleh terjangan ombak yang menghantam batuan karang yang kemudian masuk ke bawah bebatuan memalui celah-celah sehingga menciptakan air mancur alami dengan keindahan yang sangat luar biasa.

Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang sangat mempesona. Karena letak pantai ini langsung mengarah ke Samudera, sehingga di Pantai Klayar Pacitan ini anda bisa mendengar seruling samudera dengan jelas.

Seruling samudera merupakan fenomena cekungan yang ada dibawah tebing atau bebatuan pantai. Karena cekungan ini lah maka membuat ombak laut yang menerjang akan keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela batuan, dengan begitu maka menghasilkan bunyi yang mirip dengan seruling.

Di pantai Klayar anda juga akan disuguhkan dengan dua karang yang sangat tinggi, dan karang ini lah yang menjadi ikon Pantai Klayar Pacitan. Bagian belakang dua karang ini, terdapat karang lain yang berfungsi untuk menahan ombak laut selatan.

Yang menariknya lagi, terdapat karang raksasa yang mirip dengan karang yang ada di tempat wisata tanah lot di Bali. keren banget wisata Pantai klayar ini. berikut akses dan lokasi Pantai Klayar

Akses dan Lokasi Pantai Klayar


Pantai klayar

Lokasi Pantai Klayar berada di Ds Kalak, Kec Donorojo, Kab Pacitan, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Pacitan maka untuk sampai di pantai Klayar dapat ditempuh dengan waktu perjalanan 1 jam, dan memiliki jarak tempuh 40 km dari arah barat Pacitan.

Rute perjalanan ke Pantai Klayar Pacitan sedikit sulit. Karena ada beberapa jalan yang belum diaspal. Anda juga tak bisa menemukan angkutan umun, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan mobil pribadi. Atau anda bisa juga dengan menggunakan jasa agensi untuk menuju pantai Klayar.

Jika anda berdomisili dari Jogjakarta maka rute untuk menuju Pantai Klayar adalah dengan melalui Wonosari di Gunungkidul. Rute perjalanan yang harus anda lalui adalah Pathuk, Kota Wonosari- Giribelah (perbatasan Jawa Tengan dengan Jawa Timur)- Pacitan- Punung- Pantai Klayar.

Jika anda berdomisili dari Solo, maka anda memalui rute dari Pracimantoro- Giribelah- belok kanan hingga Kalak- dan sampai di Pantai Klayar.

Hal yang mernaik di Pantai Klayar adalah tebing yang menjulang tinggi dan beberapa diantaranya ada yang berlubang karena terjangan ombak, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Pantai klayar

Namun sebagai perhatian, anda tidak diperbolehkan berenang di Pantai Klayar, karena ombak di pantai ini sangat besar. Akan tetapi jangan kecewa, karena anda bisa mengabadikan moment dengan berfoto di beberapa spot foto menarik dengan beberapa latar belakang indah yang disajikan di Pantai Layar. Dengan begitu anda bisa menguploadnya di jejaring sosial dan akan membuat anda tampil kekinian.

Di bagian barat Pantai Klayar, anda akan melihat tebing karang yang menjulang tinggi hingga mencapai 50 meter. Dengan pemandangan yang eksotis ini akan membuat anda membayangkan kebahagia yang tak pernah kalian rasakan sebelumnya .

Tempat wisata di Jawa Timur ini juga akan memberikan keindahan yang mempesona di sore hari, karena anda bisa melihat Sunset yang menawan. Panorama senja di sore hari ini menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan dan membuat anda menjadi kagum. untuk Harga Tiket masuk Retribusi Pantai Klayar Rp. 10,000-. Tiket sudah termasuk Jaminan Asuransi Pt. Jasaraharja Putera

Pantai klayar
Fasilitas Pantai Klayar sudah sangat lengkap, karena disini ada toilet, mushola dan di pinggir pantai ada warung yang menyajikan makanan, disini anda juga bisa menemukan kuliner khas Jawa Timur. Namun jika anda ingin menginap di Pantai Klayar, belum terdapat hotel atau penginapan di sekitar hotel. 

Akan tetapi anda diperbolehkan mendirikan tenda dengan izin penjaga Pantai Klayar, dengan begitu anda bisa menikmati sunset dan bermalam di Pantai Klayar dengan menyenangkan.

Bagaimana sudah jelaskan infomasi Pantai Klayar, semoga infomasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi liburan kalian bersama keluarga, pacar dan teman kalian. di ingatkan kembali jika berkunjung ke pantai klayar hati - hati jangan berenang apa lagi kalian melewati garis aman pantai, karena ombak di pantai klayar besar dan sangat berbahaya.

2 komentar:

  1. Wah, kok banyak yg unik sih di pantai klayar?? Jadi pgn kesana aaaaa.. Paling keren menurutku sih air mancur di sela bebatuan karang dari deburan ombak itu.. wuiiih cadaaas..

    Salam
    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  2. Saya pernah ke pantai Klayar ini. Kalo misalnya kesana jangan pas hari lebaran macet dan penuh. Rekomendasi waktu diluar lebaran

    BalasHapus