Home » » Keunikan Dan Keindahan Tempat Wisata Taman Sari Jogja

Keunikan Dan Keindahan Tempat Wisata Taman Sari Jogja

Sebelum menjadi tempat wisata Jogja, Taman Sari merupakan sebuah keraton yang dibangun oleh pangeran Mangkubumi sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Ngayogyakarta Hidiningrat. Keraton ini dibangun dengan membentang di antara Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis.

Taman Sari Yogyakarta


Taman Sari Yogyakarta
Sebagai sumbu tengah imajer, Taman Sari merupakan sebuah titik acuan pembangunan keraton merupakan umbul atau mata air, yang digunakan untuk menghormati jasa para istri sultan yang telah membantu selama peperangan. 

Sultan memerintah Demak Tegis seorang arsitek berkebangsaan Portugis sebagai mandor untuk membangun sebuah mata air yang terletak di 500 meter dari selatan keraton.

Istana sultan ini dikelilingi dengan danau buatan serta dengan tambahan harum dari bunga yang ditanam di sekeliling pulau buatan yang sekarang dikenal dengan nama taman sari.

Taman Sari Yogyakarta
Di Taman Sari Jogja ini ada sebuah gapura panggung yang dijadikan singgasana oleh sultan untuk melihat tari-tarian. Kolam pemandian ini, dulunya hanya diperbolehkan untuk raja dan keluarganya, dimana terdapat tiga kolam pemandian yaitu, umbul kaitan untuk kolam pemandian putra-putri raja, umbul pamancaur yang digunakan untuk para selir raja, dan umbul pangurasyang digunakan untuk kolam pemandian raja.

Keunikan dan Keindahan Taman Sari Jogja


Taman Sari Yogyakarta
Di Taman Sari Jogja, terdapat sebuah periuk cermin yang digunakan oleh istri-istri Sultan untuk berdandan. Benda yang telah berusia sekitar 200 tahun ini masih utuh seperti saat dibuat. Di kamar Sultan juga terdapat tiga tangga yang dibuat dengan kayu jati sehingga masih terlihat seperti baru hingga sekang.

Menuju gapura agung, anda akan melihat sebuah kereta kencana yang digunakan oleh Sultan dan keluarganya, serta gapura dengan ornamen bunga dan sayap burung yang sangat indah dan asli. 

Tak ketinggalan di Taman Sari Jogja anda juga akan melihat tempat raja bersemedi, dimana suasana di tempat ini sangat sunyi dan hening, sehingga ditempat ini Sultan dapat memikirkan rakyatnya agar tetap sejahtera.

Di areal Taman Sari Jogja, anda juga akan melihat senjata perang, baju perang dan tempat pensucian keris pada jaman dahulu yang digunakan oleh prajurit dalam berperang. 

Taman Sari Yogyakarta
Di dalam Taman Sari Jogja anda juga akan dapat melihat sumur Gumuling dan Gedong Kenongo. Untuk menemukan tempat ini anda harus melewati sebuah lorong sebagai penghubung antara Keraton dan Pulo Kenongo.

Lorong bawah tanah ini dibuat lebar, karena dulunya digunakan untuk berjaga-jaga jika keraton dalam kedaan genting. Keluar dari lorong penghubung, anda akan melihat Pulo Kenongo yang ditumbuhi oleh bunga sehingga mengharumkan suasana yang ada.

Taman Sari Yogyakarta
Tak ketinggalan, di Taman Sari ini Jogja terdapat sebuah masjid yang digunakan oleh raja dan keluarganya untuk melakukan sholat. Dimana pada bangunan masjid memiliki dua tingkat dengan desain sisi akuatik.

Taman Sari Yogyakarta
Dan untuk menuju pusat masjid, anda harus melewati lorong yang gelap. Di pusat masjid ini anda akan melihat 5 anak tangga yang berdiri dengan kokoh dan agung, sehingga apabila anda berdoa di sini akan merasakan khusyuk.

Taman Sari Yogyakarta
Gedung Kenongo merupakan sebuah gedung tertinggi yang ada di Taman Sari Jogja ini, dimana gedung ini digunakan untuk tempat makan Sultan dan keluarganya. Tak hanya sekedar tempat makan sultan raja, di gedung Kenongo anda juga dapat melihat sunset yang sangat indah dan mempesona secara jelas. Serta di gedung Kenongo ini anda juga dapat melihat seluruh tempat yang ada di Taman Sari Jogja.

Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari memiliki luas sekitar 10 hektar yang terdiri dari 57 bangunan seperti pemandian, pulau buatan, jembatan gantung, danau buatan, taman indah, lorong bawah tanah, kanal air, dan beberapa gedung yang unik dan menarik serta memilki arsitektur yang khas orang jawa, Eropa, Cina, Islam, Hindu, dan Budha.

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Dengan harga tiket sebesar 3 ribu saja anda sudah dapat menikmati keindahan dan keunikan dari Taman Sari Jogja ini. Jika anda memakai jasa pemandu wisata maka anda akan dikenakan biaya sebesar 25 ribu, tentunya ini harga yang murah, karena anda akan diajak bekeliling sambil dijelaskan tentang seluk beluk dari setiap ruangan yang ada di Taman Sari ini.

Taman Sari Yogyakarta
Tempat wisata Jogja yang dibuka dari jam 08.00 hingga 14.00 akan sangat memuaskan bagi anda, karena keindahan dan keunikannya akan menambah pengetahuan anda. Jika anda ingin berfoto di Taman Sari Jogja, tentunya ada banyak spot foto yang unik dan menarik, sehingga akan menghasilkan gambar yang keren.

Akses dan Lokasi Taman sari Yogyakarta

Taman Sari Terletak di Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133, Indonesia. Masih di Tengah Pusat Kota Jogja.

Untuk akses Taman Sari sangat mudah, kalian bisa berjalan kaki 15 menit dari keraton/alun-alun jogja. atau bisa menggunakan Becak dengan biaya Rp 10,000. jika kalian menggunakan kendaraan pribadi jangan khawatir soal Parkiran. pihak pengelolah menyediakan lahan parkir yang sangat luas. bisa menampung banyak kendaraan termasuk bus Pariwisata.

Mengenai Fasilitas Taman Sari, banyak warung atau Rumah Makan tersedia di depan gerbang. bisa kalian manfaatkan untuk beristirahat ketika sudah selesai mengelilingi Taman Sari. demi menjaga keasrian Taman Sari kalian jangan membuang sampah sembarangan ia. buang sampah ditempat yang di sediakan.

Bagaimana infomasi seputar taman sari, tertarik kalain mengujungi Wisata Taman Sari yang ada di Jogja, wisata yg cocok buat keluarga karena kalian akan mengetahui sejarah yang terjadi di taman sari dari info pemandu wisata yang ada di taman sari. rugi banget jika kalian tidak memanfaatkan pemadu di taman sari. semoga infomasi ini jadi referensi buat kalian yang ingin berlibur ke taman sari.






2 komentar:

  1. Waduh.. Saya yg tinggal di Jogja malah belum bikin review tentang Taman sari..

    Salam ngeblog dari menggapaiangkasa.com ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mas, ydh buat artikel taman sari yg lebih sempurna lagi mas 👌

      Hapus