Home » » Tamasya ke Candi Prambanan

Tamasya ke Candi Prambanan

Menikmati Pesona Keindahan Candi Prambanan Yang Tiada duanya


Candi Prambanan

Masa libur panjang memang menjadi waktu yang sangat menyenangkan untuk setiap insan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak di antara mereka mencari tempat wisata untuk mengisi waktu libur mereka, salah satunya ialah Mengujungi Pesona Candi Prambanan.

Banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing berbondong-bondong pergi ke candi Prambanan untuk melihat dan menyaksikan keindahan dan keunikan dari candi Prambanan, misalnya dari segi relief candi, struktur bangunan candi Prambanan, hingga cerita legenda yang terdapat pada candi Prambanan.

Candi Prambanan


Candi Prambanan

Candi Prambanan ialah tempat wisata yang terletak di Provisi Jogyakarta lebih tepatnya di kabupaten Sleman, suatu tempat wisata yang sangat terkenal akan keindahan dan pesona alamnya. Salah satu candi peninggalan dari jaman purba kala atau Situs Warisan dari Hindu yang sampai sekarang masih di lestarikan.

Susunan batu yang berdiri kokoh dari jutaan tahun yang lalu dan relief dari berbagai macam gambar dan tokoh menambah nilai plus pada wisata Prambanan. Candi Prambanan sangat cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga tercinta ataupun tempat untuk menggali berbagai ilmu atau informasi. 

Dari tahun ke tahun banyak renovasi dan perawatan yang telah di lakukan untuk wisata Prambanan, mulai dari lingkungan sekitar candi, candi-candi yang telah rusak akibat gempa bumi hingga tempat parkir yang memadai sehingga candi Prambanan tetap dalam kondisi yang baik dan bagus untuk menjadi tempat wisata andalan.

Keistimewaan Candi Borobudur


Candi Prambanan

Candi Prambanan yang sangat terkenal dengan cerita rakyat atau legenda Roro Jonggrang, dimana Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso untuk membuat seribu candi dalam satu malam tetapi dengan tipu muslihat yang di lakukan oleh Roro Jonggrang akhirnya bandung hanya bisa menyelesaikan 999 candi. Kemudian Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung untuk melengkapi 1000 candi.

Wisata Prambanan memiliki empat pintu masuk di masing-masing mata angin sehingga akan mempermudah anda untuk berkunjung dan masuk dalam candi Prambanan. Wisata candi Prambanan adalah suatu candi persembahan untuk Dewa Siwa yang terdapat dalam agama Hindu yang di kenal dengan dewa penghancur.

Candi yang di bangun sekitar abad ke-9 ini memiliki pesona yang tidak tertandingi oleh tempat wisata lainnya. Selain untuk tempat wisata ternyata candi Prambanan bisa menjadi salah satu tempat untuk menggali segudang ilmu dan informasi.

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan ketika berada di wisata Prambanan, antara lain adalah.

  • Pertama yang bisa anda lakukan ialah hunting foto dengan latar yang bagus dan menarik seperti latar candi Prambanan atau pesona alam lainnya 
  • Anda juga bisa berkeliling di area kompleks candi Prambanan, anda bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau dengan naik kereta yang tersedia di candi Prambanan untuk menikmati keindahan taman yang ada di area candi Prambanan. Pada candi anda juga menyaksikan dengan kasat mata ukiran relief candi yang di lihat sangat mustahil untuk di kerjakan pada jaman dahulu mengingat kecanggihan teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang ini 
  • Selain tempat wisata yang bagus untuk di kunjungi ternyata wisata Prambanan bisa di jadikan sebagai tempat menggali sejuta ilmu dan informasi untuk mengenal seni sastra, budaya dan cerita Hindu. Karena banyak para ilmuan yang melakukan penelitian atau riset di candi Prambanan. Di area candi terdapat museum yang menyimpan benda-benda purbakala yang ada sangkut pautnya dengan candi Prambanan, untuk masuk di dalam museum juga pengunjung tidak mengeluarkan biaya sedikit pun. 
  • Pada komplek candi Prambanan juga terdapat pasar yang menyediakan berbagai macam souvenir atau aksesoris yang bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh anda untuk keluarga, kerabat atau teman. Aksesoris atau souvenir yang tersedia misalnya baju khas candi Prambanan, tas, sepatu, boneka, souvenir tiruan atau miniatur dari candi Prambanan dan masih banyak lagi. 

Sebelum melakukan Aktivitas di Candi Prambanan, Yuk ketahui Harga Tiket Masuk Candi Prambanan.

Htm Candi Prambanan


Harga Tiket Masuk Candi Borobudur  : Rp. 30.000,- 

Harga Tiket Anak-anak (Pelajar)         : Rp. 12.500,-

Harga Tiket Paket                                : Rp. 50.000,- ( Tiket Candi Prambanan dan Candi Borobudur )

Parkir Motor                                        : Rp. 5.000,-

Parkir Mobil                                        : Rp. 10.000,-

Sewa Payung                                       : Rp. 10.000,-


Waktu Operasional Candi Borobudur Jam 06:00 s/d 17:00 wib.

Selain keindahan atau pesona dari wisata Prambanan anda juga bisa menikmati pemandangan lainnya yang ada di candi Prambanan, salah satunya ialah pergelaran pertunjukan dari sendratari ramayana yang di lakukan di panggung terbuka ketika musim kemarau dan di panggung tertutup ketika musim hujan.

Candi Prambanan

Pertunjukan tersebut di lakukan pada malam hari sekitar pukul 20.00 hingga 22.00. Saat diadakan pergelaran maka akan buka hingga malam hari dan anda juga harus membeli tiket Pertunjukan terlebih dahulu. dengan harga Tiket Pertunjukan Kisaran Rp. 50.000,- s/d Rp. 400.000,-

Ketika anda dan keluarga atau sanak saudara berlibur ke wisata Prambanan juga tidak peru khawatir lagi karena keamanan yang ada di dalam candi sangat terjamin dan harga tiket masuk yang di sediakan juga sangat murah dan terjangkau.

Akses dan Lokasi Candi Prambanan


Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Akses ke Candi Prambanan sangat terjangkau karena letak Candi Prambanan berada di Kiri Jalan Raya Solo jika kalian dari arah Yogyakarta, dan sebelah kanan Jalan Raya Solo kalau dari arah Klaten.

Jika kalian menggunakan Alat Transportasi Bus Umum ada Terminal Prambanan, halte Paling terdekat ke Candi Prambanan. di lanjutkan dengan berjalan sekitar 150m ke pintu masuk. sudah jelas berarti akses paling mudah hanya menggunakan Bus umum ia.

Demikian informasi mengenai wisata Prambanan yang bisa menjadi inspirasi anda semua ketika akan berlibur bersama keluarga atau kerabat dekat. Sekian Tamasya kita ke Candi Prambanan semoga kalian terhibur, Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar