Home » » Jelajah Ujung Genteng

Jelajah Ujung Genteng

Curug Cikaso dan Pantai Cipanarikan Destinasi Wisata Favorit Sukabumi.

Liburan kali ini sama temen kampus diakhir tahun. menyapa pulau jawa bagian selatan. ujung genteng sukabumi. cukup jauh perjalanan yang bakal ditempuh, sekitar 10 jam gan lumayan bikin bokong panas. 10 jam dimotor masa ia tidak panas tuh bokong,bohong aja heheh...

Jumat 26 Desember 2015, pukul 23:00 wib, malem sabtu tepatnya. berangkat kami 9 motor yang siap tempur dijalan yang hancur heheh... dengan perencanaan jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan semua mulai dari fisik,motor yang bakal digunakan,jadi insaallah siap tempur dijalan.

Lokasi dan Akses

Rute yang bakal dilewatin dari tangerang lewat jalur serpong - parung - ciawi - cibadak - pelabuhan ratu - jampang kulon - surade - ujung genteng. perjalanan yang jauh saya memutuskan mengisi pertamax full tangki 12 liter cb150r. biar engga bolak balik spbu jadi sekalian aja difullin.

Istirahat 2x dalam perjalanan, maklum jalan dari pelabuhan ratu ke jampang kulon termasuk zona rawan begal, dan bocor juga susah nyari tukang tambal ban. tidak ada permukiman warga cuma warung pinggir jalan yang tutup kalau malam hari.

Istirahat pertama dimasjid. sambil menunggu adzan subuh karna sampe dimasjid jem 04.00. niatnya sambil nyari sarapan disekitar situ tidak ada berangkat lagi abis shalat subuh sekitar jam 05:15 an. sepanjang perjalanan pagi hari udara lumayan bersih maklum perbukitan jalan yang kita lalui sempet mengabadikan moment sunres poto-poto narsis.

Sunrise

Lanjut cuma sebentar aja setengah jam kemudian sampai pertigaan kiara dua sekitar pukul 06:45 disitu istirahat buat sarapan bubur ayam dan nasi kuning.

Sarapan di Pertigaan Klara Dua

Pertigaan Klara Dua

Perut sudah terisi lanjut perjalanan kembali, surade punya surga tersembunyi yaitu air terjun cikaso. kami memutuskan mampir untuk melihat keindahan alam cikaso mumpung udah masuk musim penghujan pasti air terjunya besar.

Curug Cikaso

Sampai dipintu masuk curug kami dikenakan biaya 7.000 permotor. sudah termasuk parkiran didalam. akses menuju curug ada 2 jalur yaitu naek perahu sama berjalan kaki sekitar 15 menit jalan kaki. biaya perahu kurang tau karna kami kami memutuskan berjalan kaki lumayan ngirit bajet.

Perjalanan Menuju Curug Cikaso

• Pesan aja ini buat yang niat kesana jaga kebersian stop VANDALISME tidak usah berenang, karna air terjun cikaso sering makan korban sudah banyak yang tengelam. cikaso memiliki kedalaman 20 meter. kalau yang bisa berenang hati-hati, alam susah dtebak maunya apa !

Sudah puas poto-poto lanjut kita semua keujung genteng, nyari homestay yang murah heheh... maklum mahasiswa minim bajet. sekitar sejam setengah lagi dari curug cikaso ke pantai ujung genteng. masuk kawasan pantai dimintai biaya 5 ribu permotor berdua atau sendiri, dapet stiker wisata pantai ujung genteng 1 motor 1 stiker.

Sekitar jam 11 siang sampe kepesisir pantai, nyari penginapan yang dekat turtle beach. dapet penginapan dikenakan biaya 400 ribuan hitungan 24 jam, kenapa kami nyari yang deket sama turtle beach, karena biar deket dengan pantai pasir putih yang masih asri banyak penyu lautnya.

Homestay

Dapet penginapan lanjut belaja sayur mumpung ada 3 wanita lumayan bisa diandelin buat didapur. lumayan ngirit bajet dibanding beli makan diluar. pengalaman dulu keujung genteng makan dtembak dengan harga yg lumayan nguras kantong hehehe... bukan pelit ia, tapi ingin ngelola keuangan dengan baik aja.

Fasilitas Homestay

Setelah perut terisi kami beristirahat sejenak tidur siang maklum mata dari semaleman melek aja, tapi bukan pada dimanfaatin beristirahat malah asik pda becanda, maklum aja tim rokes heheh..jadi cuma tidur ayam aja, merem melek. begitulah sedihnya liburan kebanyakan orang. tapi tidak apa-apa itu sebagian cerita perjalanan liburan kami.

Pantai Cipanarikan

Sore hari tiba saatnya kepantai maen air dulu kita, sambil melihat sunset dilaut selatan, hanya 20 menit menuju pasir putih, cuma kita harus bersabar ia, jalan yang kita lalui tak semudah semestinya. karna jalan cukup hancur maklumlah pelosok negeri belum tersentuh program pemerintah jadi jalan masih hancur banget.

Kayanya motor yang cocok hanya trail yang bisa jalan dibebatuan. nanti siapin duit 5 ribu ia, nanti pas digerbang turtle beach kita harus bayar administrasi. sampe diparkiran kita jalan kaki 3 menit lewatin semak-semak untuk tiba di Pantai Cipanarikan.

Semak blukar

Pasir Putih terbentang Luas serupa Padang pasir . Pantai cipanarikan Bersih banget, destinasi yang harus dijaga keindahanya. disitu hanya ada pasir putih, dan penyu itu juga kalau beruntung ngeliat penyu lewat.

Tidak ada fasilitas apapun disini, warung ada cuma deket diparkiran motor. ada warga mengawasi yang membawa pengeras suara, memberitahukan buat pengunjung DILARANG BERENANG. sudah banyak pengujung yang hilang tertelan ombak pantai selatan, mungki mereka yang pada hilang mengabaikan peringat yang di tuliskan dipapan pengumuman.

Sunset Dipantai cipanarikan

Bersantai ria sampai sunset laut selatan pun memanjakan  mata kami.

Sunset Di laut selatan

Sehabis sunset kami harus segera kembali kepenginapan, rencana makan malem nanti mau bakar ikan. cuma pas belanja ikan hanya ada ikan tongkol aja yang 1kg dikenain harga 40 ribu. batal baberquenya karna anak-anak tidak ada yang setujuh kalau ikan tongkol doang.

Lagi pula mahal banget 1 kg 40ribu, akhirnya masak sendiri lagi aja. tidak apa-apa yang penting perut kenyang heheh...

Istirahat

Meresapi dinginya malam, kamar cuma ada 2 sebagian harus ada yang tidur diluar. motor kami diparkir diluar semua. tenang aman dijamin karna pemilik home stay begadang buat jagain motor kami.

Bangun pagi-pagi supaya sampe dirumah tidak terlalu malam, namum anak-anak bangunnya susah banget. mungki kecapean kali. cek out sekitar jam 9 pagi, sarapan pagi dulu nasi goreng ala kadarnya.

Sarapan nasi goreng

Kembali kerumah

Sehabis sarapan saat menentukan rute yang akan kita lewatin, karna jalur cibadak bakal macet parah maklum musim libur biasanya padat merayap jalur cibadak. belajar dari pengalaman 2tahun lalu balik lewat jalur cibadak. dan sekalian mau mampir kesawarna juga.

Terpaksa memilih pelabuan ratu - sawarna - malimping - rangkas - tigaraksa - lalu tangerang. ternyata jalan yang kita lalui makin menjauh hehehe... tapi sama aja sii muter-muter juga mau lewat cibadak atau rangkas.

Demi keselamatan berdoa sebelum Pulang

Persiapan Sebelum Pulang

Bensin yang tadi berangkat full diisi kembali dipom bensin surade. saya ngisi full lagi. bener aja dugaan saya jalan yang dilalui makin jauh kalau lewat sawarna. tanjakan bikin motor kerja keras buat melewatinya tapi pemandanganya indah.

View Laut Selatan

Motor matic harus turun yang dibonceng kebanyakan. tapi tidak apa-apa nanti di sepanjang jalan kita disuguhi pemandangan laut selatan yang indah banget diliat dari jalan yang kita lalui. sambil narsis photo-photo ngisi perut juga. makan mie ayam dulu dan minum es kelapa .

Kelamaan beristirahat menghabiskan waktu banyak terpaksa tidak jadi mampir kesawarna, lagi pula jalan sawarna ngebul banget ancur ditambah ada pabrik semen disekitaran situ masih 8 km dari pabrik semen. kalau mampir tidak memungkinkan waktunya dan tidak tau bakal sampe rumah jam berapa kalau mampir kesawarna.

Jembatan

Lanjut pulang karna takut kemaleman dijalan lagi rute kita lewat malimping yang terkenal seram masih hutan, kanan kirinya pohon karet dan minim penerangan, jarang ada rumah warga lagi di sepanjang jalan.

Jem 19.00 aja msih ditengah hutan belum melewati kebun karet . sekitar 2 jam baru keluar hutan. jam 20:30.baru tiba sampe rangkas. ngisi bensi lagi bbm dirangkas perbandingan bensin cukup jauh kalau lewat sawarna lebih jauh dibanding melewati cibadak.

Sampe ditangerang sekitar jam 23.00 . kami sampai kerumah semua dengan selamat. terima kasih yang sudah membaca pengalaman saya, semoga bisa jadi refensi liburan kalian.